• djogzs
    LOADING . . .
Annyeong haseyo chingudeul. Januari Fitria Dewi imnida ^^ This page from Indonesia. I Like Korea culture and I Love Kpop. Okay, Happy To See my Blog :)

Seorang Gadis Bunuh Diri Karna Di Teror ELF Super Junior


--
Gua mau share sebuah kisah nyata yang ada dari tahun 2007. Sebuah kisah gadis 15 tahun yang berhasil mencapai impiannya bertemu idolanya. Tapi impiannya itu membawa gadis kecil itu pada kematiannya …
Semoga kisah ini bisa menjadi pelajaran kita semua … ini gua dapet dari blog ke blog … entah dimana sumbernya gua juga udah nggak tau … jadi ga gua cantumin sumbernya karna entah dimana sumbernya …

aku ingin mengajak kalian semua merenungi kisah nyata Lee eun Ji, gadis berusia 15 tahun yang meninggal bunuh diri tahun 2007 silam. Meninggalnya gadis ini seolah – olah melengkapi deretan kasus ”cyber crime” di kalangan artis Korea, yang juga menjadi penyebab utama bunuh dirinya aktris U-nee. Lalu apa hubungannya dengan E.L.F ? rupanya hubungan keduanya amatlah erat guys… Sebab, secara tidak langsung para E.L.F-Superjunior- lah yang menyebabkan gadis malang ini mengakhiri hidupnya yang saat itu umurnya bahkan belum menginjak seperempat abad.
Korea. 2007 silam, duka itu pasti masih membekas. Peristiwa kelam yang menyeret nama Superjunior dan E.L.F menjadi topik hangat selama beberapa pekan. Selama beberapa minggu, TV talent show terkenal dari Korea STARKING menduduki peringkat teratas dalam daftar pencarian search engine Naver ( search engine lokal Korea ), sebagai keyword yang paling sering diakses. Semua orang di penjuru Korea berbondong-bondong mengakses identitas gadis ini. Mulai dari sekolah, Homepage, Foto, kematian-nya, hingga berat badan-nya. Kasus kematian-nya menghiasi hampir seluruh media baik surat kabar, radio, internet, dalam dan luar negeri. Korean Times : Guest on the Tv show kill herself, Donga Ilbo : A lesson Learned from a High School Girl’s Death, Chosun Ilbo: Weight loss Star Commits Suicide, Hankyoreh : Criticism mount over verbal attacks in cyberspace.
Kisah gadis bernama lengkap Lee Eun Ji ( 15 ) ini disebut – sebut sebagai versi nyata dari film populer Korea : 200 pounds beauty, dimana tokoh utama-nya memliki kelainan berat yang Over Weight ( Berat badan berlebih ). Lee yang berat badannya saat itu mencapai 87 KG ( gilaaa beratt banget ! ) menarik perhatian masyarakat Korea karena keberhasilan-nya menurunkan berat badan sebanyak 40 KG hanya dalam kurun waktu 3 bulan. Keberhasilan-nya mencapai berat badan ideal dan mendapatkan tubuh langsing menarik perhatian produser SBS STARKING ! ( sebuah acara pencarian bakat terkenal, dimana para peserta dengan kaeahlian atau memiliki pengalaman tertentu berkompetisi memenangkan hadiah ratusan ribu won ) dan mengundang gadis ini untuk tampil di salah satu segmen.
00sbs2
Alhasil, Lee-pun menerima undangan pihak STARKING meramaikan acara tersebut dan menceritakan perjuangan kerasnya hingga akhirnya kurus langsing. , ” aku melakukan ini karena almarhum nenek selalu khawatir dengan badanku yang besar seperti raksasa ! “ Ia berkata dengan ceria dan terlihat sangat menikmati penampilannya. Tanpa ia tahu bahwa penampilan-nya malam itu merupakan yang pertama dan yang terakhir. Selang dua bulan berikut-nya, sang ibu menemukan tubuh gadis kecil itu tergantung di balok kayu langit – langit kamarnya. Korea-pun gempar atas aksi nekat bunuh diri yang dilakukan Lee. Keluarganya, terutama sang ibu seakan tak percaya dengan kenyataan bahwa putrinya pergi dengan cara yang begitu tragis.Sebenarnya bagaimana kejadiannya guys…? Sebuah fakta terungkap-lah yang membuat gadis cantik ini nekat mencabut nyawanya sendiri dengan menggantung diri di plafon kamar…
“ Katika sore, aku melihatnya masih tertawa dan menyuapi keponakannya, aku bahkan sempat menegurnya untuk tidak makan, agar berat badannya tidak bertambah. Kemudian tanpa berkata apa – apa, ia masuk dan mengunci pintu kamar…” kata ibunya saat diwawancara Donga Ilbo.
foto kenanganan Lee eun ji dengan Kangin
Guys…tampil di acara terkenal STARKING rupanya memberi kesempatan untuk Lee bertemu dengan KAngIn-Superjunior, idola pujaannya yang saat itu kebetulan hadir sebagai bintang tamu. Lee sangat gembira, apalagi saat dirinya mendapat kesempatan berfoto bersama KangIn. Foto yang diambil-nya lewat kamera ponsel itu jauh dari kesan indah dan mewah. Gambarnya buram dan sedikit pecah berbayang. Namun Lee sangat senang, dan dengan bangga ia memposting foto tersbut ke dalam situs, menghiasi homepage pribadi-nya. Di kemudian hari, Lee tak pernah membayangkan. Kalau selembar foto dirinya bersama Kang-in memancing amarah para E.L.F di luar sana.
Guys…, Korea dikenal sebagai negara internet broadband tertinggi di dunia. Hanya dalam hitungan jam, foto Lee dan Kangin langsung tersebar luas secara on-line. Secara bertubi – tubi gadis malang itu diteror oleh orang – orang yang tak dikenal-nya. Telepon seluler terus berdering tanpa henti dan mereka mengumpatnya dengan kata – kata kasar. Pesan – pesan berisi kata – kata kotor terus dikirimkan dan tak berhenti sampai disitu, para E.L.F bahkan melacak nomor hingga ke tempat tinggal dan telepon rumahnya. Tak hanya di sekolah, bahkan rumah, tempat yang seharusnya menjadi tempat teraman, tak ubahnya ladang teror karena telepon yang terus menerus berdering. Situs pribadinya dibanjiri caci maki, dan umpatan tak senonoh. Lee, yang masih berusia 15 tahun hanya bisa menangis dan membalas perkataan para fans Suju tersebut dengan getir. Yang lebih menyakitinya, orang – orang menilai perjuangannya berdiet 40 KG adalah palsu. Mereka menganggap Lee melakukan Operasi sedot lemak, suntikan, dan semacamnya. Kata – kata semacam ‘ gendut, babi, dan sebagainya menghiasi homepage Lee. Gadis itu hanya menuliskan pesan singkat di situs-nya menanggapi semua umpatan tersebut dengan menuliskan. ” aku tidak gendut, dan aku bukan babi …”
00sbs4
Dan setiap orang mempunyai batas. Pada akhirnya, ketabahan Lee mencapai klimaks, teror E.L.F yang terus mengikuti dirinya selama hampir 2 bulan, membawanya mengambil jalan pintas untuk mengakhiri penderitaan dan rasa sakit yang selama ini terus dipendamnya.
” Aku sudah tidak kuat terus dipersalahkan, Ayah..ibu… maaf bila aku telah membuat kalian mencemaskan-ku, maaf bila aku telah melukai perasaan kalian…..” Pesan terakhir, wasiat Lee kepada kedua orangtuanya ditemukan tertulis di atas meja belajar. Meski sang ibu mengatakan, penyebab kematian anak-nya lebih karena rasa depresi, rusaknya mental dan tertekan atas diet yang ia lakukan selama 3 bulan ( 40 Kg dalam 3 bulan, bila kita kalkulasikan 88 pound dalam 90 hari, satu hari Lee kehilangan 1 pound ! bahkan ia hanya mengganjal perutnya hanya dengan 2 gelas susu ) Namun, para netter menganggap para E.L.F- lah yang paling bertanggung jawab atas kematian Lee. Cyber Terror yang mereka lakukan terhadap Lee ternyata berakibat fatal, para fans yang sebagian besar terdiri dari gadis belia dikecam terlalu labil dan temperamental bila menyangkut idola mereka. ” Seharusnya mereka bisa berpikiran terbuka ! Lihat perbuatan mereka hanya karena selembar foto ! ” kecam seorang neter yang tidak disebutkan namanya.
Tapi syukurlah, pada akhirnya para E.L.F menyadari kesalahan mereka dan meminta maaf pada Lee meskipun itu sudah terlambat. Sebuah pesan singkat permintaan maaf muncul di blog Naver, ” Lee … maafkan aku, kuharap kau bisa bertemu nenek-mu dan berbahagia di sana……” Lee eun Ji… meski penyesalan itu selalu datang terlambat, tapi semoga permintaan maaf mereka benar – benar tulus dan sampai ke dalam hati-mu….
0611leeeunjijpg
Permintaan maaf elf kepada Lee..

“Sebuah pelajaran yang harus kita ambil dari kisah Lee Eun Ji. Bersikap dewasa dan bijaksana kadang di butuhkan walaupun di saat kita sedang cemburu. Penyesalan tidak akan datang apabila kita bisa lebih bersikap tenang dan dewasa.
Hargailah orang lain meskipun itu tidak menyenangkan untukmu …”


cr : mahasiswa freak

1 komentar:

{ Pinkylee } at: 20 Februari 2016 pukul 18.34 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Patterned Text Generator at TextSpace.net
 

Copyright © 2010 Chi Xian's Blog, All Rights Reserved. Design by Djogzs,Johanes djogan